Jumat, 19 Oktober 2018

JURNAL YANG BERKAITAN DENGAN PEMASARAN GLOBAL

No
Nama
Judul
Hasil & Pembahasan
Sumber

1.
Freddy Simblon
STRATEGI PEMASARAN GLOBAL DI PASAR INDONESIA
Globalisasi merupakan sebuah tantangan baru bagi perusahaan dalam penerapan strategi pemasaran. Karena dengan adanya globalisasi, perusahaan dituntut untuk bersaing dengan perusahaan-perusahaan kelas dunia yang memiliki modal besar dan produk yang lebih berkualitas. Saat ini Indonesia menjadi target pasar bagi perusahaan-perusahaan global untuk menikmati keuntungan besar, sedangkan perusahaan Indonesia kalah dalam persaingan. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan strategi pemasaran global di pasar Indonesia bagi perusahaan Indonesia. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif analisis. Penggabungan antara adaptation of marketing strategies dan standard marketing strategy merupakan strategi pemasaran global yang sesuai dengan kondisi pasar di Indonesia..
BINUS BUSINESS REVIEW,Vol. 4 No. 1 Mei 2013: 405-413
2.
Nurul Hidayah Indah Suharyono Sunarti
PELAKSANAAN DIVERSIFIKASI PRODUK DALAM RANGKA MENINGKATKAN VOLUME EKSPOR (Studi Kasus Perusahaan Batik Ayu di Kota Pekalongan)
Industri tekstil merupakan salah satu industri terkemuka di Indonesia. Baik dalam pasar nasional maupun pasar internasional produk batik merupakan kebanggaan dari produksi tekstil Indonesia. Tujuan dari penelitian ini: 1) Untuk mengetahui pelaksanaan diversifikasi produk dan 2) Untuk mengetahui pengaruh dari pelaksanaan diversifikasi produk pada perusahaan batik Ayu. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif menggunakan deskriptif. Fokus pada penelitian ini adalah pelaksanaan diverisifikasi produk dalam rangka meningkatkan volume ekspor dan pengaruhnya terhadap volume ekspor dalam perusahaan batik Ayu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada tahun 2004 pemilik Batik Cap "Ratu Ayu" memberanikan diri untuk membuka usaha ini. Perusahaan batik ini mempunyai beberapa keunikan. Karakteristik yang pertama, dilihat dari teknik pembuatannya, kain yang pada awalnya dibuat motif dan kemudian dijahit sesuai dengan modelnya. Batik Ayu menambah berbagai macam motif setiap tahun baik dalam produksi kain panjang, hem, blus, sarung dan sprei dan dapat meningkatkan volume ekspor ditahun 2011 sampai dengan 2014.
Jurnal Administrasi Bisnis ( JAB), Vol. 43 No.1 Februari 2017
3
Yuni Firayanti, S.IP., MM1
STRATEGI EKSPOR PT. AQUARIUM SHRIMP PONTIANAK DALAM MEMASUKI PASAR GLOBAL
Penelitian tentang strategi ekspor yang dilakukan PT. Aquarium Shrimp Pontianak dalam memasuki pasar global menunjukkan bahwa perusahaan berada pada Kuadran I yaitu mendukung Strategi SO (Strengths – Opportunities) dengan menggunakan kekuatan yang ada untuk memanfaatkan peluang. Sedangkan untuk ketiga strategi lainnya seperti strategi ST (Strengths – Threats), WT (Weakness – Threats) dan WO (Weakness – Opportunities) merupakan strategi pendukung. Strategi ekspor yang dijalankan perusahaan selama ini merupakan strategi Agresif, diantaranya melakukan penetrasi pasar, pengembangan pasar dan pengembangan produk. Adapun para karyawan yang terpilih menjadi responden sebanyak 20 orang untuk mengisi kuesioner tertutup dan 5 orang menjadi responden yang diwawancarai, dimana diantaranya merupakan orang-orang yang berpengaruh dalam pengambilan keputusan strategi ekspor tersebut. Hal ini dilakukan untuk melihat strategi ekspor yang dijalankan perusahaan berada di dalam strategi agresif, konservatif, defensif atau kompetitif (bersaing).
Jurnal Ekonomi dan Bisnis Kontemporer Vol.02 No.2 September 2018

Tidak ada komentar:

Posting Komentar